Jumat, 22 Juni 2012

First Day . . .

Ondel - Ondel (salah satu budaya khas dari Jakarta)
PT. Astra Honda Motor - Sunter _ Jakarta Utara

22 Juni 2012 . . .
Pertama, saya ucapkan selamat Ulang Tahun untuk Kota Jakarta yang ke 485.
Kota Jakarta atau Sunda Kelapa atau Jayakarta dan banyak nama-nama lain dari Ibukota negara Indonesia ini. Kota Jakarta tergolong salah satu Kota Metropolitan yang mungkin sedang menuju ke megapolitan. Kota ini merupakan kota dengan penduduk terpadat dan dengan begitu banyak kompleksitas masalah yang ada di dalamnya.

Pertama, Saya ingin berbagi tentang pengalaman hari ini ; Adalah sedikit cerita kecil tentang kota jakarta dari sudut pandang seorang mahasiswa yang berasal dari daerah terpencil.

Ini bukan pertama kalinya saya ke Jakarta. Kebetulan saya memiliki beberapa saudara yang tinggal di Jakarta. Jadi, hampir tiap tahun saya bersilaturrahmi ke Kota ini. Dari beberapa kali kunjungan saya ke kota ini, saya mualai mengamati beberapa hal kecil dan perilaku penduduk jakarta.
Banyak yang bisa diceritakan tapi saya hanya ingin mengambil sedikit saja.
Kota Jakarta adalah pusat pemerintahan, pusat perbelanjaan dan tentunya pusat tempat mencari kerja. Arus urbanisasi ke Kota Jakarta sangat tinggi bahkan meningkat tiap tahunnya. Inilah salah satu faktor penyebab beragamnya masalah yang dihadapi Ibukota negara kita ini.Mulai dari masalah budaya, kriminalitas dan lingkungan sosial.
Sebagian besar penduduk kota jakarta adalah tipe orang yang oportunis. Ketika mereka melihat sebuah kesempatan , mereka langsung memanfaatkan nya dengan cepat. Hal itu lah yang mungkin wajib dimiliki sebagai salah penduduk ibukota agar dapat bisa bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan sehari - hari. Dari pedagang kecil hingga pebisnis di Kota jakarta memiliki sifat seperti ini. Suasana kompetitif juga sangat terasa begitu intens di kota Sunda Kelapa ini.
Tapi dibalik semua itu, masyarakat kota Jakarta sudah memiliki pemikiran yang dewasa dan terbuka dibanding masyarakat pedesaan. Masyarakat kota Jakarta cenderung kritis menaggapi semua kebijakan yang dibuat oleh pemerintah daerah maupun pemerintah nasional. Sebagian dari penduduk Kota Jakarta sudah mulai sadar akan masalah lingkungan dan ruang terbuka hijau di Kota Metropolitan ini. Ini terbukti dari semakin banyak organisasi atau komunitas non-profit yang melakukan aksi dan bergerak di bidang lingkungan hijau serta sosial masyarakat. Harapan ke depannya kota Jakarta bisa menjadi kota metropolitan yang tertib , aman , cozzy (nyaman) dan tentunya ramah lingkungan.

Kedua, saya ingin berbagi sedikit cerita unik ketika pertama kali melakukan Kerja Praktek di Jakarta.
Alhamdulillah, proposal KP saya diterima di salah satu perusahaan di Jakarta yang juga kebetulan dekat dengan rumah paman saya. Jadi, selama 1 bulan ke depan saya akan melaksanakan Kerja Praktek di daerah Sunter yang tidak jauh dari rumah paman saya.
Paman saya berangkat kerja pukul setengah 7 pagi sehingga tidak dapat mengantar saya untuk pergi ke Kantor Sunter (tempat saya KP) tetapi paman saya bilang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah ini sekitar 20 menit. Beliau mengatakan bahwa saya bisa naik angkot "06" yang ke arah senen kemudian oper metro mini "07" dan turun sebelum belokan Cempaka Putih. Kemudian saya bisa menyeberang melalui halte busway untuk sampai di kantor tempat saya akan melaksanakan KP. 
Namun, ternyata tak seperti yang saya bayangkan. Saya turun di tempat yang salah karena saya bertanya pada orang di sebelah tempat saya duduk. 
T_T
Saya turun di depan kantor TAM (Toyota Astra Motor), yah mungkin orang tersebut hanya paham kalo saya ingin turun di kantor Astra. Padahal, Astra memiliki banyak anak perusahaan.
Karena kebingungan seperti orang "bambung" akhirnya saya memutuskan untuk naek ojek ke kantor AHM dikarenakan temen KP saya sudah miss call berulang - ulang dari pukul setengah 8 pagi.
Abang ojek memberi tawaran harga 20 ribu, padahal itu hanya berjarak sekitar 5 km dari TAM. Namun, karena saya jago menawar akhirnya saya bisa naek ojek dengan harga 10 ribu. 
Perjalanan ojek ini melewati jalan belakang sehingga perjalanan ditempuh dalam waktu yang agak lama.
Kawasan Sunter ini tak jauh beda dengan kawasan Rungkut Industri di Surabaya dimana kanan - kiri dari kawasan ini dihuni oleh pabrik - pabrik besar otomotif dan manufaktur. 
Perjalanan saya semakin terasa lama karena di tengah jalan terjadi sedikit accident (dua sepeda motor berserempetan dan jatuh) namun kedua korban hanya luka kecil. Hal yang membuat ini semakin lama adalah karena salah satu pengendara yang membonceng istri dan anaknya emosi dan tidak terima sehingga dia mulai memukul pengendara sepeda tersebut.
keramaiaan pun terjadi, saya seperti menyaksikan laga antara Mike Tyson  dan Oscar de Lahoya  namun tanpa aksi gigit kuping :-D.
wkwk. . .
salah satu dari mereka juga sempat melempar helm karen perkelahian direlai oleh warga. Dan nahasnya helm tersebut hampir nyasar mengenai saya dan abang tukang Ojek
T_T
Untungnya saya dapat menghindari "helm nyasar" tersebut layaknya si Keanu Reaves dalam film Matrix Reloaded nya
(LOL) #lebay  . . .

Perjalanan berlanjut dan akhirnya (alhamdulillah) saya bisa sampai di kantor AHM dengan selamat.

Pelajaran dari kisah kemaren yang bisa diambil adalah :
1. Jika anda adalah seorang warga dari luar kota Jakarta janganlah menampakkan diri anda sebagai orang yang tidak tahu dengan banyak tanya. (anda pasti akan jadi sasaran copet di hari berikutnya) #karena yang saya denganr  ; pengkaderan copet di jakarta sangat bagus sehingga rasa solid dan SOB (sense of belonging) nya sangat tinggi, Jaringan komunikasi mereka pun lancar sehingga info target "kinyis - kinyis" akan mudah tersebar dengan cepat. wkwk
2. Selalu stay awake, waspada dengan lingkungan sekitar. Bertanyalah pada orang yang anda kenal (seperti saudara atau teman). Jika tidak ada orang yang anda kenal. buyarr lah nasib anda di sini , (muhaha). yah paling tidak anda bisa bertanya pada satpam perumahan atau tukang becak (dijamin aman tapi belum tentu terpercaya) #oops
3. Selalu berdoa. Semoga Allah selalu memberi perlindungan terhadap hambanya yang ingin mencari Ilmu ini . . .

#Stay Foolish , Stay Hungry . . .
And STAY FOCUS ON YOUR ROAD...
Keep your faith on progress...

jangan Lupa Follow @ibra_anwar 
yah !
pasti ga bakal nyesel (evilsmirk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar